Saturday, January 30, 2016

Pertahanan Minggu Ke-5 Pakaian

(Gambar: FF XIV ???)
Wah, udah sebulan aja ga terasa ya. Apa ada hal baru yang kalian dapatkan dengan membuka blog ini? Semoga ada dan bermanfaat yaa.
Kali ini pertahanan kita akan berfokus kepada sesuatu yang melekat sesuatu kepada kita sepanjang hari, yang bernama Pakaian(armor).
Berapa pengeluaran kalian untuk pakaian setiap bulannya? Berapa lama sekali kalian mengganti pakaian kalian? Apakah pakaian kalian di lemari menumpuk dan banyak yang tidak terpakai?
Mungkin beberapa jawaban dari pertanyaan diatas sedikit mengejutkan jika kalian tidak sadar bahwa sebenarnya pengeluaran kalian dalam bidang ini lumayan menguras pasukan yang kalian miliki.
Adapun pengeluaran untuk pakaian bisa dibagi menjadi beberapa hal:
1.Laundry = Untuk bidang ini harga rata-rata yang saya ambil adalah Rp.5000/kg. Sehingga jika sebulan kalian laundry sebanyak 12kg(asumsi sehari sekitar 4-6 potong pakaian) maka kalian akan menghabiskan Rp.60.000/bulan. Dan ada juga laundry yang bulanan sehingga dalam sebulan kita hanya harus membayar sekali dan jumlah pakaian yang bisa dicuci terserah kepada kita. Biasanya yang ini berkisar di harga Rp.90.000/bulan.
Adapun keunggulan yang langganan adalah biasanya kalian tidak perlu repot-repot mengantar cucian dan mengambilnya(diantar sama bibi cucinya). Dan beberapa laundry bahkan selesai dalam 1 hari, berbeda dengan yang tidak langganan yang berkisar dari 3 sampai 5 hari baru selesai.
Untuk masalah pertahanan terhadap laundry ini sendiri bisa dilakukan dengan mencuci sendiri, yang mana membutuhkan sedikit waktu, tenaga dan juga sedikit sabun cuci setiap minggunya. Jika diasumsikan seminggu biaya untuk mencuci sendiri Rp.10.000 untuk sabun, pewangi, dan listrik, maka bonus pasukan yang akan kalian dapatkan setiap minggunya adalah Rp.50rb-80rb, atau kita ambil nilai tengahnya yaitu Rp70.000/bulan. Dan dalam 10 tahun dengan asumsi return 5% pasukan baru yang kalian dapatkan akan bertambah sebesar Rp.10.915.050!!!!!
Hmm, lagi lagi tambahan beberapa puluh juta untuk tabungan pensiun kita. Bagaimana? Mulai tertarik untuk mencuci sendiri? Untuk detail mengenai mencuci baju sendiri mungkin bisa dicari di internet atau tanya ke teman-teman kalian yang sudah lebih dulu memulainya ya.
2.Membeli pakaian baru = Jika kalian termasuk tipe yang gampang berbelanja jika ada pakaian yang cantik atau yang imut, bertobatlah(serius, karena pembelian yang seperti ini akan berakhir kepada penyesalan :3). Mungkin ini lebih ditekankan untuk kaum wanita ya, karena biasanya kaum wanita menghabiskan sekitar 100rb-200rb/bulan untuk pakaian!(semoga kalian tidak termasuk salah satunya).
Bukan berarti saya bilang kalian tidak boleh beli pakaian baru ya, HANYA SAJA sebenarnya ada batas antara kebutuhan(need) dengan keinginan(want) yang harus diperjelas dengan sadarnya kalian bahwa sudah banyak pakaian kalian yang menanti untuk dipakai kembali di lemari kalian. Apa rasanya jika kalian pacaran dengan seseorang namun indah hanya awalnya saja, dan semua berubah semenjak ada orang baru di dunia kalian(jangan baper ya). Jika kalian merasa kalian tidak ingin itu terjadi kepada hubungan kalian, mulailah dengan setia kepada pakaian kalian terlebih dahulu! Pakailah dia dan rawatlah dia seakan-akan pakaian itulah yang pertama dan terakhir yang kalian miliki di muka bumi ini(agak sedikit berlebihan sepertinya).
Sehingga jika kalian bisa menekan pembelian pakaian menjadi hanya 100rb-200rb/tahun, kalian akan menghemat 1.1jt-2.2jt/tahun atau kita ambil angka tengah di 1.5jt/tahun dan dengan asumsi return 5%/tahun dalam 10 tahun pasukan baru yang kalian dapatkan akan bertambah sebesar Rp.19.810.181!!!
Wah wah wah, semoga saja para wanita(Dan juga pria) yang membaca artikel ini sadar bahwa puluhan juta bisa didapatkan dengan membeli pakaian yang hanya diperlukan saja, dan selebihnya merawat pakaian itu dengan seluruh kasih sayang sehingga kita benar-benar akan menggantinya jika keadaan memaksa kita(ini bukti bahwa kita setia juga lo J).
Okeh, mungkin untuk sesi ini disudahi dulu. Bagaimana? Melatih pertahanan baru ini mungkin agak sedikit susah, tapi hasil yang didapatkan dalam jangka panjang tidak mengecewakan bukan? Sehingga tidak ada salahnya jika kalian mulai belajar mencuci sendiri dan mulai membongkar lemari kalian untuk menyadari bahwa banyak pakaian-pakaian yang masih menanti untuk kalian pakai kedepannya. Seorang prajurit juga tidak akan pergi berperang dengan banyak armor sekaligus bukan? Melainkan dia akan memilih satu yang terbaik yang akan dia bawa ke medan perang.

Sekian dan selamat mencoba!!!

3 comments: