Saturday, January 16, 2016

Pertahanan Minggu Ke-3 Bensin

(Gambar: Bahamut Final Fnatasy 7 Crisis Core)

Hei hei hei.. Minggu ini kita akan melatih pertahanan terhadap bensin. Sudah siap? Mari langsung saja kita lihat.
Pernahkah kalian merasa bahwa summon* kalian menghabiskan pasukan kalian setiap kali kalian memakainya? Contohnya bagi kalian yang mempunyai summon berupa motor, per minggunya bisa menghabiskan sekitar 20-50rb rupiah untuk bensinnya saja, yang berarti sebulan bisa menghabiskan kita anggap di angka sekitar 100rb. Jika diakumulasikan dengan asumsi return per tahun 5%**, maka dalam 10 tahun kalian akan menghabiskan Rp,15,093,471.04!!!
Jumlah yang lumayan besar bukan? Tapi itu baru motor, mari kita ambil contoh mobil sekarang. Untuk mobil sendiri bisa membunuh pasukan kalian sebanyak 100rb per minggunya. Sebulan 400rb, dan jika diakumulasikan dengan asumsi return per tahun 5%, maka dalam 10 tahun kalian akan menghabiskan Rp.60,373,884.17!!!
Bagaimana? Sudahkah kalian merasa summon kalian menjadi sedikit lebih berbahaya sekarang?
Solusinya gimana dong?
Jika kalian sudah sadar dan ingin segera melatih pertahanan kalian , saran saya mulailah membiasakan diri dengan summon yang baru, yaitu sepeda!!!(saya yakin akan banyak yang memprotes saran saya yang satu ini). Dan juga berjalan kakilah selagi jarak itu masih masuk akal untuk ditempuh.(maksimal ditempuh dengan waktu sekitar 15-20 menit)
Saya perkirakan ini reaksi yang akan saya dapatkan dari saran saya yang saya sampaikan:
1.Jarak rumah gue ke kantor/kampus jauh!!! Bisa mampus dong gue tiap hari bolak-balik naik sepeda.
2.Gue ga pandai naik sepeda bro! Dari kecil biasanya naik mobil doang sih(anak orang kaya).
3.Loe pikir di Indonesia ada jalur buat yang naik sepeda? Paling ntar loe ditabrak kendaraan lain kalau bersepeda di jalan raya.
4.Mager bro.(untuk yang ini silahkan kelaut aja deh).
Ada salah satu dari keempat hal di atas yang kalian pikirkan? Kalau iya tidak apa-apa. Saya maklum kok, tapi izinkan saya untuk meluruskan dan memberi jawaban dari ketiga hal di atas.(yang keempat gada solusinya)
1.Solusi untuk hal ini adalah carilah tempat tinggal yang dekat dengan kantor ataupun kampus kalian. Kalau memang niat nyarinya pasti ketemu kok. Karena kalian akan pulang pergi ke tempat itu dalam skala yang sangat sering(lebih dari sekali sampai 2 kali sehari)! Bukan sekali atau 2 kali seminggu kan? “ketika ada kemauan(bukan kemaluan ya) disitu ada jalan”
2.Ga pandai naik sepeda ya, hmm.. Biasanya cewek mungkin ya, sebenernya kalau emang niat kalian bisa kok minta ajarin temen cowok kalian yang baik dan ganteng(Bagi yang cewek bisa sekalian buat sarana PDKT nih). Lah kalau buat yang cowok gimana dong? Ya sebenernya sama ajasih, minta ajarin aja sama temen deket kalian, satu dua orang temen cowok kalian pasti adalah yang bisa naik sepeda.(tapi jangan sampai jadi sarana PDKT juga ya ._.)
3.Jalur buat pengendara sepeda ya hmm. Untuk masalah ini memang agak berat ya, soalnya biasanya jalur sepeda(dan bahkan jalur pejalan kaki) dipakai dengan tidak semestinya oleh pengendara motor dan pedagang kaki lima. Jadi mungkin solusinya mirip ama yang nomor satu, pilih tempat tinggal yang memungkinkan kalian bersepeda ke kantor/kampus kalian.

*Summon=binatang/hewan yang dipanggil untuk mematuhi perintah kita(dipakai di dalam game Final Fantasy, Persona, Legaia d.s.j). Dalam artikel ini summon sendiri sebenarnya adalah kendaraan yang kalian miliki, seperti motor ataupun mobil J. Maaf kalau agak membingungkan.
**Asumsi semua uang yang kalian tabung kalian taruh di deposito saja.

Mungkin sekian dulu mengenai pertahanan minggu ini.. Oleh karena itu minggu depan kita akan membahas pertahanan di bidang yang lain lagi ya. Jika ada bidang yang kalian inginkan untuk minggu depan silahkan sampaikan di kolom komentar.

Update(27 April 2016)
Sepertinya artikel ini yang paling mendapat penolakan dari berbagai pihak, Terkait untuk pembaca yang tinggal di daerah yang fasilitas kendaraan umumnya masih belum begitu baik dan tidak ada tempat untuk pejalan kaki karena diambil oleh pedagang kaki lima ;). Mungkin dari saya sendiri minta maaf atas solusi yang saya berikan jika kurang bermanfaat, sehingga sampai artikel ini ditulis, naik motor masih menjadi solusi untuk bagian ini. 
Dari para pembaca sendiri, apa penghematan yang sudah kalian lakukan dari segi ini sejauh ini? Apa ada tips yang bisa saya dapatkan dari para pembaca sekalian? Jujur saja saya kurang begitu berpengalaman di bidang ini. Ditunggu masukan-masukannya ya guys~~~


No comments:

Post a Comment