Monday, January 11, 2016

Serangan Minggu Ke-2 Deposito

(Gambar: The Witcher 3)
Halo, udah hari Senin aja nih, berarti saatnya untuk? Yaaa, latihan penyerangann.
Minggu lalu mungkin artikel saya membuat sebagian kesal dengan menjabarkan return dari tabungan yang ternyata begitu kecil(bahkan hampir tidak ada).
Tapi sesuai janji saya, kita akan mempelajari serangan baru hari ini, yang bernama....
Deposito!!!
Sudah pernah dengar? Sudah tahu return yang akan kita dapatkan dari berinvestasi disini? Kalau sudah keren!!! Berarti kalian sekali lagi sudah selangkah lebih maju untuk mencapai pensiun muda kalian!
Oke, tanpa panjang lebar mari langsung kita bahas ya...
”Apa itu?”
Hmm, sepertinya lagi-lagi untuk masalah penjelasan secara teorinya saya serahkan ke Sersan Google aja ya.(itu agak membosankan soalnya)
Karena yang ingin saya bahas disini lebih mengarah ke berapa return dan resiko dari deposito ini sendiri.
Untuk data lengkapnya, saya mengambil sumber dari pusatdata.kontan.co.id. Sehingga data yang saya sampaikan disini adalah return rata-rata* menurut pandangan saya ya.
Berdasarkan rata-rata, didapat return seperti ini:
1 bulan : 7%/tahun>5,6%/tahun(setelah dipotong pajak return 20%)
3 bulan : 7,5%/tahun>6%/tahun
6 bulan : 7,25%/tahun>5,8%/tahun
12 bulan : 7,3%/tahun>5,84%/tahun
* Untuk masalah return yang sebenarnya bisa di cek di bank masing-masing ya, karena tiap bank mempunyai return yang berbeda-beda.
Lihat? Dari tabungan yang returnnya maksimal hanya 3%/tahun(itupun kalau diatas 2 Miliar), di deposito kita bisa mendapatkan hampir 2x lipatnya!!!
Jadi tidak usah bersedih hati lagi bagi kalian yang rajin menabung, karena dengan tabungan itu kalian bisa menciptakan barak** yang akan menghasilkan pasukan baru sebanyak 7% untuk kalian setiap tahunnya!
** Barak(barrack) adalah tempat untuk memproduksi prajurit baru di game seperti Age of Empire dan Warcraft 3.
“Bagaimana cara memulainya???”
Oke, jika kalian mulai tertarik, langkah selanjutnya adalah menyiapkan diri untuk mendepositokan uang kalian ke bank.
Dimulai dari mengetahui nominal minimal pada umumnya adalah sekitar Rp.10.000.000. Kenapa? Kalian rasa itu terlalu besar? Tidak masalah, jika kalian rutin melatih pertahanan  kalian setiap minggunya saya jamin angka itu bisa lebih mudah untuk kalian capai.
Lanjut, jika jumlah itu sudah terpenuhi, langkah berikutnya adalah datang ke bank, dan biasanya akan ada satpam di pintu masuk yang bertanya “ada yang bisa dibantu?”, bilang saja kalian mau deposito dan selanjutnya saya serahkan kalian kepada customer service bank tersebut.
“Eh, kalau uang saya ntar hilang gimana???”
Hmmmm, untuk uang yang disimpan di Bank sendiri(yang memenuhi persyaratan pemerintah) 100% dijamin pemerintah dari resiko gagal bayar kok. Dan deposito sendiri termasuk investasi yang aman dari penurunan nilai pokok, sehingga walaupun suku bunga naik turun hanya berpengaruh kepada return saja.(Intinya kalau naruh Rp.10.000.000 ya selama ga diambil-ambil tu uang ga bakal bekurang kok). Oiya, sekedar ngingetin aja, kalau kalian mencairkan dana deposito sebelum jatuh tempo biasanya akan kena denda(penalty) ya.
Selesai. Dan itulah serangan baru kita pada minggu ini. Mungkin kalian yang masih muda dan belum pernah berinvestasi akan berpikir, “kalau gue depositoin uang gue Rp.10.000.000, ntar dapetnya paling kurang lebih cuma 50rb sebulan, itu mah makan di McD sekali juga udah habis!”
Ya, pemikiran seperti itu tidak saya salahkan. Namun itu jika kalian hanya mendepositokan Rp.10.000.000 kan? Bagaimana kalau suatu saat tabungan kalian sudah mencapai angka 500jt? Bayangkan dengan asumsi net return(return setelah dikurangi pajak) 6%/tahun kalian akan mendapatkan 2,5jt tiap bulannya!!! Ingat, tanpa kalian perlu berbuat apa-apa lo.
Bagaimana? Mulai tertarik?(kayak sales gitu jadinya ya)


No comments:

Post a Comment