Friday, January 1, 2016

Permulaan

(Gambar: Road to Heaven)
Oke, akhirnya blog ini akan mulai saya perbaharui setelah 1 tahun tertunda(alasan ditundanya sepertinya tidak usah dibahas ya). Pertama-tama saya ingin memberi tahu terlebih dahulu isi dari blog ini secara ringkas(kurang lebih membutuhkan waktu 2 menit dengan asumsi kecepatan membaca normal berada di 150-300 kata per menit).
Mengapa blog ini ada?
Mungkin terinspirasi dari Mr.Money Mustache yang merupakan seseorang yang bisa pensiun di umurnya yang ke-30(pensiun muda) dengan hidup yang hemat dan juga nikmat. Dan karena itu saya juga membuat target dalam hidup saya bahwa saya harus bisa pensiun di umur 30 juga!!!(sekarang usia saya 20). Dan oleh karena itu saya mengajak bagi kalian yang ingin pensiun muda juga, atau hanya ingin hidup tanpa memikirkan masalah keuangan bisa bergabung di blog ini.
Dan juga setelah saya mengetahui bahwa orang-orang di sekitar saya tidak ada yang begitu peduli/tabu  terhadap masalah keuangan(keluarga, teman-teman, guru, d.k.k), saya merasa bahwa ini(ilmu mengenai keuangan yang saya miliki) adalah amanah yang diserahkan tuhan kepada saya untuk menyampaikan ilmu ini kepada orang-orang di sekitar saya dan juga kepada pembaca tulisan ini pastinya.
Yang membuat blog ini berbeda?
Dalam penyampaiannya sendiri saya menggunakan pendekatan seakan-akan kita sedang bermain game, sehingga kita tidak terlalu stres dalam pelaksanaannya. Adapun game yang saya angkat adalah yang bertipe Role Playing Game(RPG)*. Untuk masalah teknisnya sendiri akan kalian ketahui seiring dengan berjalannya blog ini.
Topik yang akan dibahas?
Sejauh ini rencananya saya akan membuat beberapa pos-pos yang akan diperbaharui setiap minggunya. Adapun gambaran pembagian posnya adalah:
Latihan(Training):
-Senin:Serangan(Offence) = Kemampuan kita untuk berinvestasi dan mendapatkan uang baik dengan modal ataupun tanpa modal sekalipun. Fokus kepada “meningkatkan pendapatan”.
-Sabtu:Pertahanan(Defense) = Kemampuan kita untuk berhemat dan membelanjakan anggaran secara optimal. Fokus kepada “mengurangi pengeluaran”.
-Minggu:Kebijaksanaan(Wisdom) = Kemampuan kita untuk berbahagia dalam menghadapi kehidupan ini. Fokus kepada “motivasi”.
Target/Tujuan blog ini?
Menambah ilmu pembaca dan sekaligus menjadi media untuk latihan menulis dan “bermain”(karena saya termasuk orang yang jarang menulis). Saya akan berusaha untuk menerima kritik terutama jika itu tujuannya membangun, bukan menjatuhkan atau mencari-cari kesalahan saja. Saya akan berusaha untuk selalu mengingatkan diri saya bahwa saya juga tidak tahu segalanya. Dan juga harapannya dengan ini saya akan berjumpa dengan orang-orang yang sevisi dan memiliki pandangan terhadap keuangan yang sama dengan saya juga(dan juga orang-orang yang suka bermain game RPG).
Untuk masalah jumlah pembaca dan pendapatan dari blog ini tidak begitu menjadi perhatian saya, karena jujur saja saya sadar bahwa untuk topik ini(keuangan, apalagi dengan metode bermain game seperti ini) sepertinya memang tidak akan banyak peminatnya juga untuk saat ini(tidak akan sebanyak topik mengenai cinta atau galau-galaunya anak muda).
Akhir Kata
Mungkin itu saja, terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca halaman awal dari blog ini. Semoga penjelasan saya di atas dapat dipahami dengan baik. Kalau ada yang kurang dan perlu ditanyakan, silahkan bertanya di komentar(biar komentarnya ga kosong sih sebenernya).
Okelah, dengan ini mari kita mulai perjalanan Kisah Keuangan kita.


*Pengertian Role Playing Game atau permainan peran bisa dicari di Wikipedia ataupun di Google ya.

No comments:

Post a Comment