Saturday, January 23, 2016

Pertahanan Minggu Ke-4 Pulsa dan Internet

(Gambar: Megaman DS vers.) 
Yap, pertahanan minggu ini sedikit banyaknya termasuk pertahanan yang krusial. Karena pasukan yang dihabiskan oleh pulsa dan internet sendiri bisa mencapai ratusan ribu per bulannya!!
Oke, langsung saja kita bahas memakai angka berapa jumlah pasukan kita yang tewas dibunuh oleh pulsa dan internet setiap bulannya.
Pulsa 25-50rb>30-55rb(karena beli pulsa kan harganya biasanya ditambahin 1.500/transaksi)
Internet 60-150rb(bisa berupa paket data, bolt, wifi, atau apapun yang bisa untuk internetan)
Total 90-205rb/bulan
Kita bandingkan saja bagaimana perbedaan antara orang yang rata-rata menghabiskan 90rb/bulan untuk internet dan pulsa dengan yang 205rb/bulan.
Dengan menghemat 115rb/bulan jika diasumsikan return 5%/tahun maka setelah 10 tahun pasukan kita akan menjadi Rp.17,931,868!!!
Bagaimana? Lagi-lagi angka yang menakjubkan bukan?
Saran saya untuk sesi ini manfaatkanlah teknologi yang sudah canggih di jaman ini, seperti sms dan telepon sendiri sepertinya sudah bisa digantikan oleh aplikasi media sosial seperti Line, Whatsapp, d.s.j.
Tapi teman saya tidak punya semua aplikasi di atas, bagaimana dong?
Kalau begitu mungkin anda bisa saja menelponnya, hanya saja batasi untuk sekali telepon maksimal berapa pulsa yang akan anda keluarkan. Sehingga anda akan terbiasa berbicara dengan singkat, padat, dan tepat pada waktu bersamaan juga.
Sehingga dengan ini saya rasa pulsa 25rb itu tidak mustahil untuk sebulan kan? Masa aktif untuk isi ulang 25rb sendiri biasanya juga untuk sebulan kok.
Lanjut ke Internet, banyak dari teman-teman saya yang memilih untuk memakai Bolt dan Wifi di rumah mereka masing-masing. Adapun paket Bolt yang paling murah agar bisa puas memakainya biayanya di kisaran 150rb(itu yang disarankan teman saya). Dan tidak tertutup kemungkinan biaya itu bisa lebih jika kalian tidak memanage apa-apa saja yang kalian buka. Untuk Wifi sendiri memang kuotanya unlimited, dan biasanya memakan biaya 350-400rb/bulan. Dan biasanya mahasiswa memakainya serumah berempat, sehingga per orang bisa kena 75-100rb/bulan.
Sebenarnya Wifi dan Bolt ini sudah lumayan bagus, hanya saja biasanya yang lumayan boros terjadi ketika seseorang memakai Wifi dan Bolt namun pada saat yang bersamaan juga memakai paket data! Sehingga jatuhnya dia membayar sangat mahal dan banyak kuota yang terbuang kalau menurut saya. Hentikan ini jika kalian tidak ingin pasukan mati konyol setiap bulannya!
Solusinya? Ada banyak tempat-tempat yang sudah menyediakan wifi gratis dengan kecepatan yang lumayan sekarang, seperti cafe, perpustakaan, kampus(untuk mahasiswa), d.l.l. Ada juga hotspot yang biasanya membayar 5rb/12 jam untuk kuota unlimited dan kecepatan yang luar biasa!(berdasarkan teman saya yang pernah mendownload file 1gb dalam waktu setengah jam(sekitar 555kb/detik(?)).
Sehingga menurut saya untuk Wifi dan Bolt sendiri sebenarnya bisa dihilangkan dari pengeluaran rutin kalian. Namun jika kalian mengelak dengan memberi alasan kan di tempat umum rame, kecepatannya lambat, panas, mager, blablabla... Silahkan saja terus mencari alasan, karena memang untuk orang yang sudah terbiasa mengeluh dan melihat sesuatu dari sisi negatifnya tidak gampang untuk diubah, semua terserah kepada kalian. Pada dasarnya semua hal di dunia ini netral, cara pandang kitalah yang sebenarnya menentukan kejadian itu positif atau negatif(ini bahan untuk kebijaksanaan sepertinya).
Sekian untuk kali ini, bagi kalian yang merasa solusi yang saya berikan memungkinkan untuk dikerjakan, kerjakanlah segera. Karena sifat menunda itu sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Dan jika ada yang punya solusi lain mohon untuk disampaikan di komentar, banyak teman-teman anda diluar sana yang membutuhkan ilmu yang anda miliki J.

Terima kasih!

No comments:

Post a Comment