Monday, January 4, 2016

Serangan Minggu ke-1: Tabungan

(Gambar: One Punch Man)
Oke, sekarang hari Senin, berarti saatnya kita melatih serangan kita!
Apakah kalian sudah siap?
Serangan hari ini dimulai dengan serangan yang paling dasar di antara semua serangan-serangan yang ada, yaitu Tabungan!
Sudah pada tau? Kalau sudah berarti kita langsung saja membahas lebih lanjut mengenai return(sebelum dikurangi pajak dan biaya administrasi) yang didapatkan dari menabung di bank.
Saya tidak memberikan satu persatu daftar return yang diberikan bank, karena itu bisa kalian cari di situs lain(google juga bisa kok), melainkan saya disini hanya mengambil rata-rata dari semua data tersebut.
Setelah saya rata-ratakan(dengan melihat beberapa data return terbaru), untuk tabungan di bawah Rp.1.000.000 itu returnnya 0%/tahun! Jadi bagi kalian yang memiliki uang dibawah satu juta di atmnya, ya sabar sabar aja ya.(saya juga kok)
Adapun untuk tabungan di antara Rp.1.000.000-Rp.1.000.000.000 returnnya berkisar di 2,5%/tahun! Lumayan ada peningkatan(dibanding 0%).
Dan terakhir untuk tabungan di atas Rp.1.000.000.000 returnnya berkisar di 3,5%/tahun!(meningkat 1%, ew).
Oke, dengan data di atas saya rasa bisa diasumsikan bahwa menabung pada saat ini bukanlah merupakan pilihan yang baik jika kita memang ingin berinvestasi. Karena return di atas belum dipotong pajak(sekitar 20% dari return yang kita dapat) dan juga biaya administrasi!!! Sehingga, kayak sama aja boong ya kalau gitu.
Bagaimana? Saya harap kalian tidak bersedih hati setelah mengetahui fakta ini(jangan jadi berhenti menabung ya, apalagi alasannya karena membaca artikel ini).
Tenang saja, seperti yang saya sampaikan di atas, bahwa menabung adalah serangan kita yang paling dasar. Jadi masih banyak jenis serangan lain yang akan saya ajarkan di minggu-minggu depannya sehingga pasukan kalian bisa bertambah sendiri tanpa kalian perlu memantau mereka(bahasa kerennya pendapatan pasif/passive income). Dan memang untuk bisa sampai ke tahap itu kita pertama-tama perlu menabung terlebih dahulu.
Sekian untuk kali ini, saya harap kalian cukup puas dengan apa yang saya sampaikan, dan jika tidak, kolom komentar masih terbuka untuk kalian(seperti biasa, komentar pakai bahasa yang sopan dan data yang jelas yoo).
Happy Monday dan selamat bekaktivitas!!!

No comments:

Post a Comment