Monday, January 25, 2016

Serangan Minggu Ke-4 Obligasi

(Gambar: Shadow Fiend Dota 2)
Minggu ini penyerangan yang baru lagi nih. Apa kabar reksa dana dan deposito? Saya harap sudah ada beberapa dari kalian yang memulainya ya, terutama untuk reksa dana. Karena semakin kalian memulai semakin terasa pula efek compunding growth yang akan kalian dapatkan kedepannya.
Adapun teknik penyerangan terbaru untuk pasukan kita kali ini bernama Obligasi.
Salah satu teknik serangan favorit saya sejauh ini dikarenakan return yang lebih tinggi dari deposito dan tingkat risikonya yang rendah, terutama untuk obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah(Goverment Bond).
Oke, mungkin ada yang sudah tertarik dengan keterangan singkat yang saya berikan di atas? J
Adapun jenis-jenis obligasi pemerintah yang lumayan terkenal sejauh ini adalah(kali ini saya jelaskan, karena memang agak susah mencari datanya):
1.SUN(Surat Utang Negara)
2.ORI(Obligasi Ritel Indonesia)
3.SBSN(Surat Berharga Syariah Negara) atau Sukuk negara(bahasa lainnya)
Untuk masalah return setiap obligasi di atas memiliki range yang lumayan lebar, yaitu dari 7,5%-9%*. Dan teknik penyerangan kali ini bisa dilakukan dengan
1.Menahan obligasi dalam jangka waktu tertentu(holding) dan mengharapkan yield yang dijanjikan obligasi ketika pertama kali kita beli, disini kita dikenakan pajak Penghasilan dengan tarif 20% dari jumlah bruto return sesuai masa kepemilikan kita(holding period). Bahasa gampangnya ntar berapa pasukan yang akan kalian dapatkan tiap bulannya akan dipotong 20% dulu sama pemerintah baru dikasih ke kalian. L
atau
2.Jual beli obligasi dengan mengharapkan nilai obligasi yang kita beli akan naik ketika akan kita jual dalam beberapa waktu kedepan. Pajak penghasilan dalam hal ini sebesar 15% dari selisih harga jual pada saat transaksi. Sedikit lebih gampang dimengerti yang ini mungkin ya.
Tapi sejauh ini teknik penyerangan yang saya pakai masih terbatas di nomor pertama, karena jauh lebih simpel dan tidak membuang waktu. Sama seperti deposito jatuhnya sih. Hanya saja waktu dari ketersediaan obligasi ini terbatas, sehingga tidak setiap saat ada seperti halnya deposito. Untuk masalah kapan obligasi terbaru akan muncul biasanya ada di berita-berita investasi yang kalian baca.
Untuk masalah dana sendiri dana yang dibutuhkan untuk bermain di SUN ada di kisaran 500jt(minimal) atau biasanya sekitar 5 miliar. Jangan kaget duluu, SUN memang diciptakan bukan untuk investor individu/retail kayak kita-kita kok. Biasanya target pasarnya perusahaan-perusahaan besar/swasta dan reksa dana.
Jadi kita kesampingkan SUN untuk sekarang, dan fokus kepada ORI dan Sukuk saja, karena keduanya membutuhkan modal minimal 5jt saja J(dibanding minimalnya SUN 5jt jadi tidak ada apa-apanya kan). Sehingga untuk pembelian ORI dan sukuk ini bisa dibeli di kelipatan 5jt tadi, seperti 25jt, 50jt, 100jt, d.s.t.
Untuk pembeliannya sendiri bisa mendatangi bank-bank tempat anda biasa menabung, tanya saja kepada satpamnya bahwa kalian ingin membeli ORI/sukuk, ntar bakal diarahin kok ama satpamnya. Kalaupun memang saat kalian datang ORInya sedang tidak ada(tidak sedang masa pembukaan penawaran) maka bilang saja ke customer servicenya untuk menghubungi kalian dilain waktu ketika sudah ada penawaran yang baru.
Saya rasa cukup mengenai obligasi, untuk info lebih lanjut bisa tanya di kolom komentar(walaupun saya tau ga akan ada juga yang ngisi sih), atau googling sendiri ya~ Demikian pertemuan kali ini, sekian dan selamat mencoba!!!

*Sejauh yang saya pantau masih berkisar di antara itu, mohon dikoreksi jika ada obligasi yang memberikan return lebih tinggi/rendah dari batas-batas itu. Dan return itu belum dikenakan pajak ya.

No comments:

Post a Comment