Monday, January 18, 2016

Serangan Minggu Ke-3 Reksa Dana

(Gambar: Devil May Cry 4)
Selamat datang para pemimpin...
Kembali lagi di latihan penyerangan untuk minggu ini.. Bagaimana dengan latihan minggu lalu? Sudah adakah diantara kalian yang mencobanya?
Kalau sudah, selamat!!! Walau hasilnya untuk sekarang tidak seberapa, setidaknya kalian sudah tahu kalau suatu saat kalian punya uang banyak secara tiba-tiba(warisan, klaim asuransi, menang undian, dapet jodoh yang kaya) kalian tidak bingung lagi harus diapakan uang itu..
Kebanyakan orang di sekitar saya yang saya tahu ketika mendapat uang banyak mendadak seperti itu mereka dengan segera menghabiskannya kembali. Sehingga mereka kembali tidak mempunyai tidak apa-apa lagi.
Saran dari saya yang saya dapat dari R.Kiyosaki jika kalian ingin membeli barang yang kalian inginkan boleh saja, asal itu tidak mempengaruhi total aset yang kalian miliki. Jadi contohnya gini ya, kalau kalian dapat uang 500jt mendadak, yang boleh kalian habiskan adalah maksimal 5%* dari 500jt itu, yaitu 25jt/tahun! Sehingga kalian bisa bersenang-senang dan tidak perlu takut bahwa suatu saat uang pokoknya itu akan habis. Tidak ada ruginya bukan? 
Dengan ini, untuk minggu ini akan saya lanjutkan dengan melatih serangan terbaru kita, yang bernama Reksa Dana.
Ada yang sudah pernah dengar? Atau bahkan sudah pernah mencobanya?
Seperti biasa, kalaupun kalian tidak tahu sama sekali apa itu reksa dana tidak usah khawatir, bisa di Google kok(saya rasa tidak perlu menjelaskan secara detail disini, karena sudah banyak diluar sana yang lengkap dan layak untuk dibaca).
Yang penting dan yang mau saya sampaikan adalah kalian bisa memulai reksa dana ini hanya dengan 250rb/bulan!!! Tidak seperti deposito yang harus sudah punya 10jt terlebih dahulu baru bisa kita mainkan. Jadi tidak ada alasan dari sisi keuangan ya buat kalian untuk tidak memulai main reksa dana secepat mungkin. 250rb itu bisa diraih dengan mudah melalui membudget makanan kalian, memakai kendaraan seefisien mungkin dan juga mengunakan listrik seperlunya saja.
Untuk mengenai memulai membuka rekening reksa dana sendiri tidak jauh beda dengan proses yang ada di deposito, hanya saja kali ini kalian bukan ke bank, melainkan ke sekuritas**. Nanti kalian akan diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran, dan seterusnya(kalian bakal tahu sendiri kok kalau sudah mencoba). Yang pasti kalian tidak perlu membawa apa-apa kok dari rumah. Oh ya, sekarang bahkan pihak sekuritasnya sudah bisa kita minta untuk datang ke tempat kita, sehingga kita tidak perlu repot-repot mencari dimana alamat sekuritas yang kita inginkan.
Jika sudah dapat gambarannya, maka kalian akan tahu bahwa ada 4 jenis reksa dana yang ada di Indonesia untuk saat ini(yang paling umum). Kalau kalian sudah Googling kalian berarti sudah tahu kan?
Dan kalau kalian berpikir, mengapa sih reksa dananya tidak dijelaskan secara lengkap disini saja sekalian? Kan repot harus buka tab baru lagi, kan repot harus buang-buang waktu lagi, kan repot harus blablabla, maka jawaban saya adalah memang itu tujuan saya. Mengapa?
Karena saya tahu, kalau memang kalian ingin pensiun muda, atau setidaknya bebas secara finansial di usia muda, hal-hal kecil seperti ini tidak akan menghalangi kalian. Kalian harus menjadi orang yang gigih dan haus akan ilmu(bisa merupakan ilmu apapun). Sehingga, kalau hanya disuruh Googling saja sudah malas, ya silahkan ditanyakan kembali niat anda untuk memperbaiki keuangan anda.
Sudah mengerti? Semoga tidak ada yang merasa tersinggung dengan kata-kata saya di atas, kembali lagi, berarti sekarang kalian sudah tahu bagaiman cara kerja reksa dana di Indonesia kan, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan sampaikan di kolom komentar(seperti biasa).
Sekian untuk minggu ini, dan selamat mencoba!!!

*Asumsi uang kalian depositokan ya, sehingga 5% itu bisa berubah-ubah tergantung berapa return dari deposito kalian saat ini.

**Sebenarnya sekarang sudah ada reksadana online dari ipotfund, cuma karena saya sendiri belum mencobanya secara langsung saya kurang begitu menyarankan kalian untuk main dari situ ya.

4 comments:

  1. bang ire,
    mau tanya, sekarang bang ire lagi pake penyerangan yang apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @afif

      Aku sih sejauh ini yang udah betul-betul jalan serangan dari minggu ke-1 sampai minggu ke-6 :)
      Kamu sendiri udah nyoba yang mana aja fif?

      Delete
    2. ajarin bang pengen serangan yang ini, insyaallah jalan bulan november ini. apa yang harus dipersiapkan ? Mau maen di investnya dulu

      thanks

      Delete
    3. Oke,kalau emang ingin belajar lebih lanjut mengenai reksa dana ini atur aja waktu jumpanya.. Ntar ane ajarin secara pribadi biar lebih jelas bro..

      Delete