Saturday, April 2, 2016

Wirausaha, sama dengan membela negara?

(Gambar FF XII Vayne Solidor)
Halo, hari sabtu yang cerah ya. Tidak kok, kali ini kita tidak akan melakukan latihan pertahanan, melainkan saya akan bercerita sedikit mengenai entrepreneurship(kewirausahaan).
Jadi tadi pagi saya mengikuti Stadium General yang diadakan untuk peserta Program Mahasiswa Wirausaha, dan dari acara itu saya mendapat sedikit banyak mengenai pentingnya berwirausaha terutama bagi kita-kita generasi muda ini. Yok langsung kita seberapa penting sih sebenernya menjadi wirausahawan ini.
Pertama, dengan menjadi wirausahawan, berarti kamu telah membela bangsa Indonesia yang tercinta ini! Mengapa? Karena dengan tingkat pengangguran yang berada di sekitar 10%*(20jt orang) saat ini, dengan kamu berwirausaha kamu bisa mengurangi angka itu, yang pastinya berdampak baik kepada pendapatan per kapita daerah tersebut, meningkatkan GDP maupun GNP, serta mengurangi angka kriminalitas di daerah tersebut! Bayangkan efek domino yang terjadi dengan seseorang memulai berwirausaha, bayangkan lagi apabila berbondong-bondong orang terutama generasi muda memulai berwirausaha di daerahnya.
Kedua, Indonesia kebetulan memang negara yang sangat beruntung, mengapa? Karena kita sedang mendapatkan yang namanya bonus demografi, apa itu? Gampangnya gini, penduduk kita lagi banyak yang sedang masuk di usia produktif(18-56 tahun), sehingga jika ditanggapi dengan baik, kita akan menjadi negara yang memiliki penduduk produktif yang sangat banyak!(Bandingkan dengan Jepang yang diproyeksikan pada tahun 2040 36% penduduknya akan diisi oleh orang diatas 65 tahun, woek). Ada juga ada artikel yang mengatakan bahwa kondisi demografi Indonesia saat ini sama seperti ketika Jepang mau lepas landas pada tahun 1960! Jadi dengan ini bisa disimpulkan bahwa generasi kita inilah yang kemungkinan besar akan membuat bangsa ini menjadi negara maju!
Ketiga, mendukung pernyataan nomor 1, ada teori yang mengatakan “suatu penduduk di suatu negara yang maju harus memiliki paling sedikit 2% wirausahawan dalam populasinya”. Sudah pernah mendengar teori ini? Teori ini sendiri dicetuskan melalui sebuah buku di Amerika pada tahun 1960! Bayangkan, Amerika sudah sadar sejak tahun 1960-an betapa pentingnya peran seorang wirausahawan dalam mendorong perekonomian negara. Sehingga mungkin ada beberapa dari kita yang bertanya-tanya, mengapa harus 2%? Berdasarkan perhitungan kasar yang dilakukan, kita akan mendapatkan hasil seperti ini:
Penduduk Indonesia = 250jt
2% jadi pengusaha = 5jt
Asumsi 1 pengusaha mempekerjakan 10 pegawai = 50jt
Asumsi 1 pegawai menanggung 4 jiwa(diri sendiri, suami/istri dan 2 anak) = 200jt
Sehingga dengan 2% pengusaha saja, kita sudah menutupi seluruh pengangguran di negeri ini!!! Sungguh hebat bukan?
Maka dari itu, bagi kalian yang ingin mengabdikan diri kepada negara, sudah bukan jamannya lagi dengan berperang seperti di kerajaan-kerajaan jaman dulu ataupun mengkritik dan mencaci maki pemerintahan yang ada, melainkan dengan kalian berwirausahalah, kalian bisa membangun perekonomian di daerah kalian, tidak, bahkan perekonomian dan juga kesejahteraan di seluruh negara kalian!!! 
Jadi, cukupkah 3 alasan tadi menjadi penyemangat kalian untuk memulai berwirausaha? Jika belum tidak apa-apa, karena ini hanya langkah pertama dari perjalanan kita yang baru. Anggap saja ini masih intro season kedua dalam sebuah game yang akan kalian mainkan seumur hidup kalian.
Dengan ini saya sudahi dulu, sampai jumpa di artikel wirausaha selanjutnya!!!
Jangan lupa bahwa masyarakat diluar sana menantikan dirimu!


*sumber kurang jelas, mungkin bisa di search sendiri lagi angka pastinya.

No comments:

Post a Comment