Wednesday, April 27, 2016

Tips and Trick Kurus tanpa Biaya!

(Gambar: Pudge Dota 2)
Belakangan ini ada sesuatu yang unik ketika aku berjumpa dengan orang-orang, hampir semua orang mengatakan aku kurusan. Ada yang bilang berat badanku sudah ideal ada pula yang bilang aku terlalu kurus. Ada yang mengatakan aku kurus karena stres memikirkan bisnis, ada pula yang bilang aku kurus karena aku terlalu pelit untuk mengeluarkan uang untuk makan, padahal sudah jelas bahwa pelit dan hemat itu berbeda!!!
Namun ada juga yang bahkan meminta saran dariku, “gimana sih caranya biar bisa kurus re? Kamu pasti nge-gym ya? Kamu ada minum obat diet ya??” begitu kurang lebih kata-kata yang mereka sampaikan, dan itu yang akan kita bahas kali ini. Disini aku mencoba membahas sedetail mungkin semua prosesnya sehingga harapanku kedepannya kalian yang membaca blog ini juga dapat menerapkannya di kehidupan kalian.
Seperti yang telah saya sampaikan di mengapa, siapa, bagaimana, bahwa kecenderungan orang pada umumnya adalah mencari tahu “bagaimana” cara melakukan sesuatu terlebih dahulu dibanding “mengapa” mereka harus melakukan sesuatu tersebut. Pernah suatu ketika saya mendengar orang mengeluh/curhat mengenai keinginan mereka, kurang lebih seperti ini isinya “aku ingin banget bisa main saham, keren banget orang-orang yang ada di film Wall Street itu ya, blablabla”. Dan solusi bagi orang-orang itu kembali lagi adalah dengan menanyakan kepada mereka, “apa “mengapa”mu yang membuatmu ingin seperti mereka? Setelah kamu keren seperti mereka apa lagi yang bakal kamu dan orang-orang di sekitar kamu dapatkan dengan bermain saham?”. Jika mereka masih ragu atau jawabannya masih kurang kuat sudah jelas bahwa kalaupun natni kita ajarin sedetail mungkin bagaimana cara untuk bermain saham, pasti dia tidak akan betah. Terutama jika menghadapi kesulitan-kesulitan seperti turunnya harga saham yang baru dibeli, maupun sulitnya memprediksi kemana arah pasar akan bergerak, d.l.l.
Hal yang sama untuk menjadi kurus, apa “mengapa”mu? Apakah dengan kamu kurus kamu bisa lebih bahagia? Apakah kamu ingin kurus karena si doi sukanya yang begitu? Apakah dengan kurus kamu bisa menjadi lebih sehat? Jika bukan, silahkan cari mengapa kalian sendiri. Untuk saya sendiri mengapa saya harus kurus(berat badan ideal) adalah karena saya ingin hidup sehat, terutama setelah saya mengetahui bahwa hal yang paling mahal di kehidupan ini adalah kesehatan, sehingga tidak masuk akal seorang perencana keuangan seperti saya mengagung-agungkan investasi namun kemudian uang hasil investasinya habis untuk berobat semua bukan?
Memang jika dipikir-pikir lagi pasti bagaimanapun ada lanjutan dari tindakan yang aku lakukan setelah aku menemukan “mengapa”ku. Yaitu mencari “siapa”ku. Sudah jelas bahwa jika kalian ingin menguruskan badan kalian, bertemanlah dengan orang-orang yang juga memang rutin menjaga berat badannya. Intinya bertemanlah dengan orang yang sevisi, karena bayangin aja kalau kalian sudah mati-matian menguruskan badan kalian tapi teman-teman kalian merupakan orang-orang yang kehidupan sehari-harinya pemakan junk food dan malas berolahraga, kalian kemungkinan besar akan mengikuti kebiasaan mereka!
Dan setelah dapat “siapa” yang akan membantu kalian dalam proses menguruskan badan, pastinya tidak lengkap jika kalian sendiri tidak berbuat apa-apa kan? Disinilah kalian akan menemukan hal umum yang bisa kalian googling di internet selama ini, yaitu 1001 cara untuk menjadi kurus. Bisa dengan nge-gym teratur, diet ala Dedy Corbuzer, jadi herbivora, minum obat diet herbal, minum susu pembuat kurus, serta minum obat kuat(jangan diikuti yang ini ya).
Untuk saya sendiri cara spesifik yang membuat saya kurus sejauh ini adalah dimulai dengan ikut aerobik, diikuti dengan memasak sendiri dan tidak menyediakan cemilan di kamar(jadi kalau mau makan ya mau gamau harus masak dulu, kalau mager ya ga jadi makan), dan rutin melakukan sit-up 50x, push-up 10x, plank 1 menit, squat jump 50x setiap hari. Dan terbukti setelah kurang lebih 6 bulan, berat badan saya berkurang hampir 10 kg!(Tanpa produk diet apa-apa lo :p)
Seperti yang saya sampaikan juga di pertahanan minggu ke-7, untuk olahraga itu ga perlu kok ke gym, semua bisa dilakukan tanpa apa-apa, kalaupun perlu benda palingan hanya 2 barbel saja, yang bermodalkan 100rb untuk selama-lamanya. Jadi salah besar kalau masih ada orang yang berpikir untuk kurus harus memakan biaya yang besar, justru gendut itulah yang membutuhkan biaya yang besar, karena biasanya makanan orang gendut jauh lebih banyak dari orang-orang yang kurus. Belum lagi orang gendut lebih rawan terkena kolestrol dan diabetes, yang biaya pengobatannya tidak usah dibahas lagilah ya.
Itu aja sih yang bisa saya sampaikan, mungkin sehabis membaca blog ini kalian bisa mulai mencari tahu apa penyebab kalian harus kurus, siapa teman kalian yang lagi mencoba untuk kurus ataupun bahkan sudah kurus duluan, dan yang terakhir carilah cara sealami mungkin untuk menjadi kurus, yaitu dengan berOLAHRAGA!
Sekian mengenai artikel kali ini, akhir kata saya ingin menyampaikan pesan dari about death ep.19 yang bisa dibaca di Webtoon:

“Sudah menjadi kebiasaan bagi manusia untuk mengomentari orang lain. Dan sudah menjadi kebiasaan kita pula untuk mengkhawatirkan mengenai apa yang dikatakan orang lain tentang kita. Tuhan menciptakan mata untuk melihat ke depan, sehingga menjadi kecenderungan kita untuk mengomentari apa yang kita lihat. Kita tidak akan pernah bisa melihat diri kita sendiri, hanya secercah bayangan di cerminlah yang bisa kita andalkan untuk mengetahui bagaimana wujud sebenarnya diri kita. Mata kita memungkinkan kita melihat dunia kita, jika diibaratkan game maka kehidupan ini adalah first person shooter, dan kitalah tokoh utamanya. Kita dan selalu kita, tidak pernah yang lain. Lantas apakah begitu pentingnya, bagaimana orang lain melihat dan memikirkan dirimu?”

No comments:

Post a Comment