Saturday, March 5, 2016

Pertahanan Minggu Ke-10 Tempat Tinggal

(Gambar: Grandia 3)
Halo, sudah minggu ke-10 aja nih. Minggu ini kita akan membahas apa ya enaknya..
Oiya, menurut kalian uang kos/kontrakan kalian tiap tahun makin mahal ga sih? Dan uang itu mengambil berapa persen dari total pengeluaran kalian selama ini sih? Yuk langsung kita bahas saja.
Jadi pertama-tama mungkin saya ingin menyampaikan bahwa ada biaya-biaya yang tidak terlihat dari sebuah tempat tinggal yang kita tempati. Contohnya saja biaya Bensin, waktu yang dibutuhkan dari rumah ke kantor/kampus, kenyamanan, keamanan, dan banyak lagi.
Sehingga saya pernah melakakukan sedikit perbandingan mengenai tempat kos saya dengan teman saya yang mana harga kos saya adalah 7jt/tahun dan kos teman saya berharga 4jt/tahun. Mungkin kalau sekilas jika kita ingin berhemat kita akan memilih kos yang lebih murah itu. Namun ternyata setelah mempertimbangkan banyak faktor, ternyata antara kos yang 7jt dengan 4jt memiliki perbandingan yang setara secara agregat!
Adapun faktor-faktor yang saya perhatikan adalah:
1.Jarak dari kampus ke kos = Lumayan dekat, yang mana sama-sama bisa jalan kaki untuk meraih kampus. Skor imbang.
2.Dapur = Sama-sama punya dapur, hanya saja kalau di kos yang 7jt/tahun gas tidak beli sendiri, sedangkan kalau yang 4jt harus beli sendiri. Kos 7jt menang 200rb.(asumsi setiap bulan kalian membeli gas dengan biaya 20rb saja)
3.Keamanan = Kos 7jt memiliki satpam yang selalu ada di pos selama 24 jam, dan juga selalu mengawasi apa-apa yang terjadi di kos, sedangkan di kos 4jt tidak ada. Kos 7jt menang 1jt.(harga sebuah keamanan memang mahal, gampangnya jika laptop kamu hilang aja kamu dah kehilangan lebih dari 1 jt kan?)
4.Kebersihan = Satpam di kos 7jt juga bertugas membersihkan lorong kos dan dapur kos setiap harinya. Sehingga kebersihan tidak perlu diragukan lagi di kos 7jt, sedangkan kos 4jt tergantung kerjasama antara penghuni-penghuni kosnya. Kos 7jt menang 500rb.(sekedar perhiutngan kasar aja, mungkin nilai kebersihan bisa bervariasi buat tiap-tiap orang)
5.Kamar mandi = Kos 7jt memiliki kamar mandi di dalam dan kos 4jt 1 kamar mandi untuk 6 orang. Kos 7jt menang 500rb.(Biaya ini ukurannya tergantung frekuensi kamu ke kamar mandi, meningkat pesat pada saat-saat mendesak seperti mencret)
6.Kantin = Buat kamu yang sibuk ataupun kurang suka memasak, kos 7jt memiliki kantin yang makanannya lumayan higenis dan enak. Sedangkan kos 4jt harus berjalan agak jauh dulu baru bisa mendapatkan makanan ataupun jajanan. Kos 7jt menang 300rb.
7.Fasilitas parkir = Kos 7jt memiliki lahan parkir untuk motor dan terkadang juga mobil untuk beberapa kos tertentu. Sedangkan kos 4jt untuk parkir 2 motor saja sudah tidak muat sepertinya. Kos 7jt menang 500rb.
Sejauh ini sih itu yang saya dapatkan. Sehingga kalau di total total biaya yang harus ditambahkan dari kos 4jt adalah 3jt!!! Sehingga pada akhirnya 7jt/tahun itu adalah harga yang wajar untuk semua fasilitas yang didapatkan.
Adapun tujuan saya menjabarkan semua perbandingan di atas adalah sebagai acuan juga jika suatu saat kalian mencari tempat tinggal dan tergiur dengan harganya yang murah atau terkadang terlalu murah. Terutama jika perbandingannya adalah mengenai kesehatan lingkungan tempat tinggal kalian, karena bagaimanapun kesehatan adalah yang paling utama!
Mungkin sekian aja, jadi buat kalian yang ragu mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk tempat tinggal kalian, bisa dipikir-pikir lagi ya J. Tapi bagaimanapun karena ini adalah latihan pertahanan, tidak lupa saya menyarankan untuk mencari tempat tinggal yang lebih murah juga TETAPI dengan perbandingan-perbandingan di atas ya.

Yap, seperti biasa terima kasih telah membaca, dan selamat mensurvey..

No comments:

Post a Comment