Monday, February 29, 2016

Serangan Minggu Ke-9 Asuransi(Unit Link)

(Gambar: Hitoshura Nocturne)
Halo, latihan serangan kembali hadir. Saya akan memulai sesi ini dengan pertanyaan.
Pernahkah kalian merasa hidup kalian jauh lebih aman jika kalian terlindungi dari segala risiko kecelakaan yang ada? Ya, kecelakaan bisa berupa sakit(dalam skala luas), ditabrak kendaraan(selain pesawat), kebakaran(dan ga sempet keluar dari gedung), d.l.l.
Nah, jika diluar sana kalian melihat imbauan seperti kata-kata saya di atas, maka biasanya itu mengarah kemana? Yap, tepat sekali. Asuransi.
Berhubung saya disini bukan agen asuransi, sehingga apapun yang saya katakan itu tidak ada bermaksud untuk mengajak kalian agar ikut asuransi tertentu ya.
Sekedar info, asuransi yang dibahas di sesi ini adalah asuransi jiwa ya. Dan mari langsung saja kita bahas sedikit mengenai keunggulan serangan ini:
Jika kalian sakit/kecelakaan dan masih hidup, kalian akan mendapatkan sejumlah uang yang bisa berguna untuk menutupi sebagian besar biaya berobat kalian. Untuk persentasi dan tetek bengeknya tidak dijelaskan disini ya, karena beda asuransi beda-beda penjelasannya.
Adapun asuransi yang saya tahu biasanya menutupi biaya dalam hal sakit, baik rawat inap ataupun tidak(biasanya kalau rawat inap lebih besar dana yang didapat), dan meninggal(yang menikmati orang-orang yang ditinggalkan sih).
Dan sekarang kita akan membahas kekurangan dari serangan ini:
Dana yang kalian taruh di asuransi lenyap(!) jika ternyata selama kalian memakai produk tersebut kalian sehat wal afiat. Sehingga doa dari kita ya mau gamau ya kena musibah jadinya.
Nah, tapi untungnya tidak semua asuransi seperti itu lagi sekarang. Berhubung sudah banyaknya orang yang sadar bahwa itu menjadi seperti pembodohan saja, maka asuransi-pun berevolusi menjadi Unit Link.
Jika kalian bertanya apa perbedaan dan kesamaan diantara keduanya, maka ini jawaban saya:
Kesamaan: Mereka berdua sama-sama mengcover biaya ketika kalian sakit dan juga meninggal. Ya, bagaimanapun memang ini yang dicari dari asuransi kan. Keduanya juga sama-sama mewajibkan kita membayar sejumlah uang terlebih dahulu untuk biaya premi dan administrasi.
Perbedaan: Dana yang ada di Unit Link selain untuk perlindungan bisa juga menjadi investasi dalam jangka panjang, karena sebagian besar dana yang kita setor ke Unit Link akan diputar bisa di Reksadana, Obligasi, dan juga media-media investasi lainnya. Adapun untuk jangka panjang itu biasanya berada di jangka waktu minimal 10 tahunan. Biasanya kalau kita rutin melakukan setoran setiap bulan selama 10 tahun itu kita akan mendapatkan bonus karena kesetiaan kita terhadap asuransi tersebut.
Berdasarkan yang saya baca, asuransi mengcover kita lebih sebentar dibanding Unit link, maksudnya asuransi akan hangus ketika kita berumur 80 tahun, sedangkan Unit link baru akan hangus ketika kita berusia 100 tahun.
Oiya, ada bagian yang penting yang rata-rata orang awam tidak tahu. Yaitu jika kita menarik uang kita sebelum masa jatuh tempo, maka biasanya penalty yang dikenakan akan sangat besar. Ada kasus yang saya baca di internet yaitu ada seorang bapak-bapak yang marah-marah terhadap Unit link AXA Mandiri mengatakan bahwa asuransi mereka merupakan penipuan, padahal sebenarnya yang terjadi adalah si bapak itu yang kurang mengerti peraturan-peraturan yang ada didalam Unit link tersebut.
Jadi ceritanya kurang lebih seperti ini, si bapak menyetorkan dana sebesar 1jt/bulan(lupa angka pasti di cerita yang sebenarnya), sehingga seharusnya pada tahun ke-3 uang bapak itu di AXA Mandiri tersebut berjumlah? Ya, 36jt. Perjanjian di awal bapak itu seharusnya menyetor 1jt/bulan selama 10 tahun, namun kalau tidak salah karena anaknya mau masuk sekolah sehingga dia memutuskan untuk menarik uang yang ada di AXA tersebut. Dan kira-kira berapa uang yang didapat bapak itu ketika dana sudah dicairkan? Hanya 2jt!
Mungkin kalian juga akan kaget dengan cerita tadi jika kalian belum mempelajari Unit link lebih lanjut. Namun sebenarnya semua itu masuk akal dan bukan penipuan, karena dalam tahun pertama, biasanya hampir sekitar 90% dana kita disisihkan untuk biaya administrasi d.l.l dulu, sehingga hanya 10% yang masuk ke akun kita, tahun kedua sekitar 70% untuk administrasi, vice versa dengan uang yang masuk ke akun kita, tahun ketiga 50% untuk administrasi, dan begitu seterusnya sampai akhirnya di tahun ke 10 biaya administrasi menjadi 0% dan seluruh uang yang kita setor masuk ke akun kita.
Ada juga jenis evolusi dari asuransi lain yang bernama Whole-life dan Endowment, tapi berhubung yang mau saya tekankan disini adalah Unit link-nya, maka saya tidak akan membahas lebih lanjut mengenai jenis evolusi yang lainnya disini.
Sekedar info, data yang saya sajikan di atas sepenuhnya fiktif dan hanya permisalan belaka, untuk data yang lebih lengkap dan pasti bisa dicek di situs lain seperti Kaskus d.s.j ya..
Sekian dari saya, dan selamat mendaftar Unit Link!!!


No comments:

Post a Comment