Saturday, February 27, 2016

Pertahanan Minggu Ke-9 Hiburan

(Gambar: Devil Summoner 2 Op)
Kembali lagi di hari Jumat yang ceria, dan seperti biasa kita akan latihan.... ya, pertahanan. Adapun bahasan minggu ini mungkin agak sedikit kontroversial karena bukan hanya tentang penghematan, melainkan moral juga.
Sadarkah kalian selama ini ada sesuatu yang tidak pantas namun kita lakukan setiap hari? Ya, KITA, karena saya juga termasuk pelaku yang melakukan hal yang tidak pantas ini.
Sudah dapat jawabannya? Jika belum, maka hal itu adalah memakai barang BAJAKAN.
Dengan itu maka latihan pertahanan kali ini adalah bertahan dari hiburan.
Mungkin karena mayoritas melakukan itu, sehingga sudah tidak terasa bersalah lagi melakukannya. Saya sendiri baru mulai merasakan kejahatan tindakan ini ketika saya mulai menciptakan sesuatu, yaitu lagu, game kecil-kecilan, film pendek, dan buku.
Mengapa demikian? Bayangkan jika kalian yang menciptakan sesuatu seperti yang saya ciptakan tadi, contohnya saja buku. Menurut kalian untuk membuat satu buah buku saja, butuh waktu berapa lama dan butuh biaya berapa? Kecuali kalian memang tidak tahu, saya beritahu saja, rata-rata waktu tercepat untuk menciptakan 1 buku adalah 1 tahun! Itupun kalau bukunya tidak dibarengi dengan riset-riset yang membutuhkan waktu puluhan tahun.
Dan untuk biaya? Menurut kalian sendiri, jika kalian sudah menghabiskan waktu kalian menciptakan sesuatu dalam waktu 1 tahun, kalian pantas dibayar berapa? Jika memang niatnya beramal mungkin tidak apa-apa kalau kalian tidak mendapatkan sepeserpun dari hasil kerja kalian selama setahun itu. Namun jika kalian menjawab bahwa kalian layak untuk dibayar 10jt, atau 20jt atau berapapun itu maka tidak mungkin itu akan tercapai jika semua orang memfotokopi buku kalian bukan???(dengan maksud tidak membeli yang original)
Sebenarnya masih banyak lagi sisi menyedihkan dari penulis dan penerbit yang terjadi jika kalian beli buku fotokopian, namun saya khawatir jika saya membahas itu terlalu panjang malah akan menimbulkan kejengkelan untuk para pembaca blog ini. Sehingga saya akan berfokus kepada solusinya saja.
Solusi pertama:
1.Usahakan, ya USAHAKAN sebisa mungkin membeli yang original, baik itu film, game, lagu, atau apapun itu. Alasannya sudah jelas bukan? Tidak lain dan tidak bukan sebagai bentuk “penghargaan” kepada pencipta sesuatu itu. Hargailah orang seperti bagaimana kamu ingin dihargai orang lain.
”Tapi harganya tidak terjangkau!!!” Kalau memang belum terjangkau, maka itu suatu pertanda bahwa kalian harus bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan uang yang cukup, dan menabung untuk membeli sesuatu yang kalian inginkan tersebut, bukan malah membeli bajakannya.(gratisan)
Logikanya gini deh, seorang pengemis jika ingin makan di Pizza Hut, apakah mungkin? Pasti mungkin! Jika dia berhenti menjadi pengemis, mencari kerja, bekerja keras(dan cerdas), dan senantiasa menyisihkan uangnya untuk makan di Pizza Hut tersebut. Bukan malah mencuri dari toko Pizza Hut tersebut ataupun makan tapi kemudian tidak membayar(kabur).
Pastinya jika memilih jalur yang mencari kerja tersebut jauh lebih lama dan lebih melelahkan, tapi efeknya luar biasa. Bayangkan, dengan bermodalkan ingin makan di Pizza Hut, pengemis tadi bisa saja menjadi manajer di suatu perusahaan yang bagus!(akan terwujud jika dia terus dan terus belajar bagaimana agar menjadi manajer yang baik di sebuah perusahaan)
2.Gunakan fasilitas-fasilitas resmi yang ada dan GRATIS. Jaman sekarang sudah sangat banyak fasilitas-fasilitas gratis yang diberikan oleh pihak-pihak hiburan yang memang keuntungannya biasanya hanya dari iklan saja. Kita mulai dari lagu, jika kalian memang ingin mendengarkan lagu gratis, ada RADIO yang menyediakan lagu-lagu dari yang biasa-biasa saja sampai yang paling hits se-Indonesia. Jika kalian ingin nonton, ada youtube yang menyediakan film-film yang tidak kalah menarik dari film-film bioskop untuk ditonton. Untuk buku sendiri, ada perpustakaan di kota kalian masing-masing ataupun kampus kalian yang menyediakan buku-buku yang sangat bagus untuk menambah pengetahuan kalian. Untuk game? Tidak usah khawatir, ada “Steam” yang menyediakan tidak sedikit game-game gratis yang sangat seru untuk dimainkan. Adapun salah satu game gratis yang melegenda pada era saya adalah Dota 2. Yang mana pemasukan dari game tersebut hanya berasal dari penjualan item-item dan aksesoris yang menjadi pelengkap dan bukan menjadi syarat utama untuk memainkan game tersebut.
Bagaimana? Sepertinya sudah tidak ada alasan untuk terus memakai barang-barang bajakan lagi bukan?
Ayo, dengan mulai tidak memakai barang bajakan lagi saya yakin hidup kalian akan lebih berkah dan menyenangkan kedepannya. Dan keuangan kalian juga akan lebih stabil, karena kalian akan tahu bahwa memang hiburan tidak harus selalu mengeluarkan biaya yang besar.

Sekian dan selamat hiburan!

No comments:

Post a Comment