Monday, March 7, 2016

Serangan Minggu Ke-10 Bisnis(Franchise)

(Gambar: Lupa XD)
Halo, latihan serangan minggu ini kita akan membahas sesuatu yang seru lo, kenapa? Karena yang akan kalian jalani sudah kalian lihat dalam kehidupan sehari-hari kalian. Seperti McD, Pizza Hut, KFC, Pecel Lele Lela, dan yang ada hampir di setiap sudut kota, Indomaret!!!
Dengan itu sudah tau kan apa yang akan kita bahas minggu ini?
Yup! Seperti biasa tepat sekali... Bisnis(Franchise)!!!
Mari kita bahas apa keunggulan dari serangan yang satu ini.
1.Jauh lebih mudah untuk memasarkan barang dagangannya karena pasar sudah mengenal merek tersebut.  Hal ini bisa dipengaruhi oleh nama franchise tersebut, kualitas barang dan jasanya, serta pelayanan dan harga barang, serta keamanan dari barang yang akan dikonsumsi.
2.Menghemat waktu dalam persiapan, pengalaman, dan pengetahuan tentang usaha. Ya seperti yang kita tahu untuk mencari ide usaha, mencari tahu seluk beluk mengenai sistem suatu usaha memerlukan waktu yang tidak sedikit dan juga risiko yang tidak sedikit, sehingga keunggulan ketiga dari franchise adalah,
3.Risiko lebih bisa diukur dan diantisipasi. Ya, alangkah enaknya jika risiko dari sisi produksi atau dari sisi marketing bisa diminimalisir dengan keunggulan nomor 1 franchise ini.
4.Karyawan mendapatkan pelatihan, jika kalian berpikir repot karena harus mencari-cari dan melatih pegawai agar bisa bekerja dengan optimal, beberapa franchise sudah menyiapkan hal ini. Sehingga kalian tidak usah takut pegawai kalian akan macem-macem. Soalnya untuk menjadi pegawai di sebuah Franchise seperti Indomaret sendiri membutuhkan proses yang tidak gampang.
Banyak ya keunggulannya, namun seperti biasa, semua benda di dunia ini adalah sebuah mata koin yang pastinya memiliki 2 sisi, atau dalam konteks ini adalah jika dia memiliki keunggulan, maka Franchise ini juga pasti memiliki kelemahan, yaitu;
1.Keuntungan yang relatif lebih sedikit. Ya mau bagaimana lagi, kan kita membeli nama dan sistem sebuah perusahaan, dengan harga yang tidak murah. Sehingga keuntungan mungkin akan menjadi kecil akibat adanya perjanjian share profit atau karena pihak franchise mengambil keuntungan dari pembelian bahan baku ke pihak mereka.
2.Keharusan menaati aturan dalam kontrak kerja sama. Contohnya adalah mama saya yang sudah menyediakan tanah dan bangunan di suatu daerah, ternyata karena pihak Indomaret melihat daerah itu bukan merupakan pasar yang potensial, gagallah mama saya membangun Indomaret di tanah yang sudah disediakan tadi.
3.Modal yang dibutuhkan termasuk kategori BESAR. Setahu saya modal untuk bisa membangun Indomaret terakhir kali saya cek itu mencapai 1 Miliar belum termasuk tanah dan bangunan yang harus kita sediakan sendiri. Ada memang sih franchise untuk skala kecil-kecilan, yang berkisar dari 7-15jt an, namun itu biasanya hanya sekelas jualan di gerobak saja, namun jika ingin memulai tidak ada salahnya mencoba franchise yang gerobakan terlebih dahulu.
Fiw, sekian mengenai keunggulan dan kelemahan franchise. Saya sendiri memiliki kenangan yang kurang baik mengenai franchise pertama saya, yaitu ketika saya mencoba mencari tempat berjualan(franchise gerobakan) saya sangat kesusahan mencari tempat berjualan yang ideal, dan karena pihak franchisor yang lokasinya sangat jauh dari tempat tinggal saya, ketika saya membutuhkan bantuan mereka saya tidak bisa berharap banyak kecuali mendapatkan saran dari pihak CS franchise tersebut. Semoga kesulitan ini tidak terjadi pada kalian ya J.
Jadi gimana nih? Dah siap untuk mencoba membeli franchise pertamamu? Kalau memang ingin ada kok situs yang menyediakan franchise dengan harga dibawah 10jt-an, adapun situs tersebut adalah bursafranchise.com. Saya juga menemukan franchise pertama saya dari situs itu kok. Jadi untuk kejelasannya sudah bisa dipastikan sepertinya.

Oke, sekian aja untuk minggu ini, terima kasih telah membaca dan selamat menjadi franchisee!!!

No comments:

Post a Comment