Sunday, March 20, 2016

Penutupan

(Gambar: FF X Zanarkand)
Sampailah kita di postingan yang terakhir. Karena memang semua yang dimulai mau tidak mau pasti akan berakhir. Tidak terasa sudah 3 bulan kita lalui bersama sejak blog ini pertama kali dimulai.
Mungkin selama ini ada yang bertanya-tanya apa guna latihan pertahanan, serangan, kebijaksanaan, dan latihan-latihan lain yang sudah kita lakukan sejauh ini. Sedikit telat namun lebih baik daripada tidak sama sekali, sehingga saya memutuskan untuk menjelaskan Main Quest(misi/tujuan) kita sekali lagi yang menjadi sebab mengapa blog ini bisa terbentuk.
Beberapa pembaca yang sudah mendengar persentasi saya mungkin sudah tujuan saya sendiri yang sudah saya ucapkan dalam persentasi saya, yaitu Pensiun muda(Early Retirement)!!! Ya, itulah Main Quest yang menyebabkan timbulnya blog ini di hadapan kalian saat ini. 
Adapun untuk memperjelas bahwa pensiun muda disini sebenarnya bisa diartikan “Bebas secara Finansial(Financial Independence)”, dan tolong diingat sekali lagi bahwa pensiun muda itu BUKAN berarti berhenti beraktivitas dan menjalani hidup sebagaimana yang kalian bayangkan(duduk diam bermalas-malasan menatapi hari yang kosong dengan keuangan seadanya dan tinggal nunggu mati aja). Kalau gitu mah saya juga ogah capek-capekin diri buat ngedapetin gelar pensiunan muda.
Melainkan pensiun muda disini mempunyai arti bahwa saya bisa berhenti bekerja karena terpaksa(terutama karena alasan finansial). Bukankah menyenangkan untuk bekerja sesuai dengan passion kita? Apalagi bekerja tidak semata-mata mencari uang, melainkan mencari manfaat sebanyak mungkin untuk disebarkan kepada orang-orang di sekitar kita. 
Itu salah satu keunggulan pensiun muda(dan yang paling dicari semua orang), adapun manfaat kedua pensiun muda adalah kita bisa fokus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kita dan juga menciptakan lapangan kerja baik melalui bisnis ataupun melakukan kegiatan-kegiatan sosial seperti yang sudah dilakukan pensiunan muda yang hampir kita semua kenal, yaitu Bill Gates dan Mark Zuckeberg, dan Warrent Buffet sekarang. Gampangnya gini deh, ini juga salah satu prinsip yang selalu saya pakai selama ini, 
"Selamatkan dirimu sendiri terlebih dahulu, dan setelah itu bantulah orang lain sebanyak dan semampu yang kau mau di dalam hidupmu".(Ire 2016)
Adapun syarat untuk pensiun muda/bebas secara finansial sendiri bisa saya perjelas dengan skema seperti ini. Asumsi pengeluaran setiap bulan kita berkisar di 9jt/bulan atau 108jt/tahun, maka total uang yang harus kita kumpulkan adalah 60x25=1,5M! Mengapa? Asumsi investasi kita lakukan dengan serangan obligasi yaitu ORI-12 saja dengan kupon 9%/tahun, pajak 15%. Sehingga dalam setahun kita akan mendapatkan sekitar 114jt! Sehingga jika kalian sudah punya uang 1,5 Miliar dan hidup di kisaran 9jt/bulan, selamat! Karena kalian sudah bisa pensiun sekarang juga! Tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Itupun belum ditambah dengan variasi-variasi serangan yang lain lagi. Sehingga dengan pertahanan dan serangan yang konsisten, didukung dengan kebijaksanaan yang sudah mantap, maka saya yakin 30 tahun adalah waktu paling lama untuk mencapai pensiun muda ataupun bebas secara finansial ini.
Jadi apa sebab blog ini saya akhiri? Bukan karena ada yang membuat saya sakit hati atau apapun yang seperti itu, melainkan selama perjalanan saya menyampaikan mengenai pensiun muda ini, saya mendapat suatu kesimpulan, yang isinya seperti ini:
Ga mungkin orang mau ngedengerin omongan gue kalau gue sendiri belum nunjukin kepada mereka bahwa apa yang gue bilang itu udah gue alamin langsung!”.
Masuk akal kan? Bagaimana mungkin kita mau mendengarkan nasihat dari seorang pengemis mengenai cara menjadi manajer yang baik di sebuah perusahaan terkenal. Walau sebenarnya yang dianjurkan dengarkan saja apa yang dikatakan namun bukan siapa yang mengatakan, sepertinya hal itu sulit dilaksanakan bagi sebagian besar orang. Karena saya sendiri juga termasuk orang yang tidak bisa diajari oleh orang yang saya rasa seperti tidak kompeten di bidangnya, contohnya adalah diajari bisnis oleh sebuah dosen yang notabene bahwa dia sendiri adalah seorang pegawai kan?(tidak ada niat menyinggung siapapun yang menjadi dosen ya :) )
Oleh karena itu saya janji, ketika saatnya datang, mungkin 10 tahun atau lebih dari sekarang, ketika saya sudah mencapai tujuan saya, yaitu bisa pensiun muda maupun bebas secara finansial, saya akan kembali lagi menulis, khususnya di blog ini. Karena memang sudah menjadi amanah saya untuk terus membantu orang-orang dalam meraih kebebasan finansialnya dengan ilmu-ilmu yang saya miliki selama ini.
Jadi, mungkin itu saja kata-kata penutup yang bisa saya sampaikan. Terima kasih sebesar-besarnya saya ucapkan bagi yang sudah membaca blog ini dari pertama kali diterbitkan, terima kasih untuk Erdi Pratama yang sudah senantiasa membantu saya dalam memulai blog ini(dan juga mengajak persentasi di bis), terima kasih untuk Kevin Wiharja dan juga keluarga saya(Mama Papa kak Nia kak Nindy) yang sudah senantiasa menjadi pendengar yang baik terhadap semua ocehan-ocehan saya mengenai pensiun muda dan segala macam hal yang berbau keuangan, yang terkadang sangat membosankan dan masih diragukan kebenarannya, dan tidak lupa terima kasih kepada Allah yang senantiasa sudah membiarkan saya memiliki ilmu mengenai keuangan dan mempunyai kekuatan untuk menyebarkannya kepada orang-orang disekitar saya.
Saya akhiri artikel ini disini, saya berharap bahwa para pembaca blog ini bisa menerapkan sedikit banyak dari ilmu yang sudah saya sampaikan selama ini, dan pastinya saya doakan semoga kita semua sukses baik dari segi agama, karir, kesehatan dan tak lupa dari segi keuangan!!! Sekian dan sampai jumpa di masa depan!!!


No comments:

Post a Comment