Saturday, July 2, 2016

Save Point 2

(Gambar: Kingdom Heart Save Point)

Hai, Alhamdulillah Ramadhan sudah berhasil kita lewati dengan penuh berkah dan lebaran sudah menunggu kita... Yeyy, yang masih dapet THR pasti udah ga sabar ya.
Btw apa kabar semuanya nih? Semoga baik ya, baik dari segi kesehatan, iman, dan tidak ketinggalan keuangannya juga dumz. Harusnya sih puasa jadi lebih hemat kan ya, kecuali tiap hari buber di tempat yang cukup menguras kantong ;)
Okelah, cukup basa-basinya, kali ini saya mau menyampaikan progress terbaru dalam beberapa hari ini, khususnya mengenai keuangan ya.
1.Ire Mutual Fund yang diresmikan tanggal 1 Juli 2016! Apa itu? Ya seperti namanya, yaitu reksa dana Ire, merupakan reksa dana saham yang dikelola secara privat oleh beberapa orang dan diketuai oleh Ire sendiri. Investor yang boleh masuk di reksa dana ini juga hanya investor tertentu saja, karena belum adanya sertifikasi atau jaminan yang bisa diberikan kepada investor. Sehingga bisa dibilang lebih berisiko dari segi keamanan modal. Namun kelemahan tersebut bisa ditutupi dengan target return yang lebih tinggi dari reksa dana saham pada umumnya.
Tidak tertutup kemungkinan kinerja reksa dana Ire ini bisa mengalahkan reksa dana saham pada umumnya, dikarenakan Asset Under Management yang tergolong "kecil" sehingga membuat reksa dana ini lebih “lincah” dalam keluar masuk saham tertentu. Dan lagi belum banyaknya ketentuan-ketentuan yang mengatur mengenai saham yang boleh dipilih dan hal-hal lain yang dilakukan Manajer Investasi(Ire d.k.k).
Bisa dibilang ini merupakan Mega Proyek karena jika bisnis ini bisa menunjukkan return yang memuaskan dari waktu ke waktu, tidak tertutup kemungkinan investor akan semakin percaya untuk menyerahkan uangnya ke dalam reksa dana ini ketimbang hanya ditaruh di deposito saja yang bunganya sudah sangat rendah sekarang dikarenakan suku bunga BI yang terus turun(sekarang 6,5%, berarti deposito Bank BUMN max hanya bisa 5,75% dipotong pajak 20% jadi cuma sekitar 4,5%/tahun. Pfft)
2.Sudah ada beberapa orang pembaca yang daftar reksa dana! Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya melihat akhirnya ada juga manfaat saya menulis selama ini(agak sedih gitu ya). Anyway, setelah beberapa kali berdiskusi dengan orang-orang mengenai reksa dana apa yang mau dipilih, saya sendiri menyatakan bahwa saya pertama kali ikut di Panin Asset Management, dan juga Bareksa. Yang lebih saya sarankan kepada pembaca yang lain adalah Bareksa ini, karena sistemnya yang online, jadi tidak terkendala oleh dimanapun kalian berada. Dan juga banyak fitur dan juga reksa dana pilihan yang sudah dinilai oleh tim Bareksa sendiri, baik dari segi risk maupun return-nya.
Namun bagi yang belum percaya terhadap Bareksa karena dia online, saya juga menyarankan untuk datang ke Mandiri dan tanya langsung mengenai apa saja reksa dana yang ditawarkan oleh mereka, yang biasanya akan disarankan reksa dana Schroder(karena itu yang terbagus sejauh ini). Sekedar mengingatkan, bahwa ada syarat NPWP untuk membuka rekening pertama kali, namun tidak usah khawatir, ada 2 solusi untuk kita-kita yang tidak punya NPWP, yaitu memakai NPWP orang tua maupun mengisi form yang menyatakan bahwa kita masih belum mempunyai NPWP.
Mungkin itu dulu saja, maaf kalau sesi kali ini agak banyak “menyombongkan” diri, tapi tujuan penulis memberi tahu pembaca adalah agar pembaca tahu bahwa penulis memang serius dalam membantu orang-orang khususnya dalam memperbaiki keuangan mereka.
Karena “uang tidak bisa membeli segalanya, tapi segalanya butuh uang”.

Sekian dari saya. Minal aidin walfa izin, mohon maaf kalau selama ini banyak kesalahan dalam penulisan dan cara penyampaian yaaa...

No comments:

Post a Comment