Saturday, October 8, 2016

Menggandakan uang, why not?


Belakangan ini berita mengenai Dimas Kanjeng semakin terkenal saja. Saya rasa kalian juga sudah pada tahu bahwa dia diberitakan dan diguyonkan dengan kemampuannya dalam menggandakan uang. Menurut orang-orang kelucuan itu bisa jadi karena mereka berpikir itu  hal yang mustahil, tapi apakah benar hal itu mustahil?
Jika kalian sudah membaca semua jenis serangan, maka kalian akan tahu bahwa menggandakan uang itu bukanlah suatu hal yang mustahil! Terdengar aneh? Kita ambil contoh simpel dengan menaruh uang di obligasi dengan return 10%/tahun, maka dalam 10 tahun uang kita akan menjadi 2x lipat! Dan jika ditaruh di reksa dana saham dengan return rata-rata 20%/tahun, maka uang kita akan menjadi 2x lipat dalam 5 tahun saja! Sungguh mengejutkan bukan?
Walaupun perhitungan sebenarnya tidak sesimpel itu, melainkan jika kita benar-benar ingin tahu kapan uang kita akan menjadi 2x lipat sejak kita investasikan, kita perlu menggunakan rumus 72. Yang rumusnya adalah
“Waktu harta kita menjadi 2x lipat = 72/(return/tahun).
Sehingga dengan return obligasi 10%/tahun, kita hanya butuh 7,2 tahun agar uang kita menjadi 2x lipatnya! Mengapa bisa begitu? Karena ada namanya efek compounding growth yang mempengaruhinya. Mungkin kalian sudah lumayan familiar sekarang dengan kata itu. Kalaupun belum, kalian bisa segera googling untuk penjelasan lebih lanjutnya.

(Menggandakan diri memang mustahil,tapi menggandakan uang tidak)

Sehingga kini kalian sudah tahu bahwa menggandakan uang bukanlah suatu hal yang mustahil, hanya saja memerlukan sedikit waktu dan usaha. Sayangnya kebanyakan orang Indonesia belum familiar dengan namanya investasi, sehingga mereka memakai jalur yang “aneh” untuk menambah uang mereka.
Jika kita ingat jaman dulu ada cerita mengenai babi ngepet, tuyul, dukun(mencari tau nomor togel), d.l.l yang tidak lain tujuan adanya mereka adalah untuk menambah harta si pemakai. Yang sekarang bisa kita “modernisasi” dan kita rasionalkan dengan investasi. Sehingga tidak perlu lagi berhubungan dengan yang mistis-mistis untuk bisa menjadi kaya. Terakhir, semuanya tergantung kepada pribadi masing-masing, jika kalian ingin yang instan, silahkan saja. Hanya mengingatkan teori ini, bahwa sesuatu yang terlalu cepat didapat akan cenderung cepat juga hilangnya.

Itu saja artikel kali ini, sekian dan selamat menggandakan uang~~~

No comments:

Post a Comment