Tuesday, May 17, 2016

Kemampuan yang harus dimiliki semua orang

(Gambar: Invoker Dota 2)
Saya baru sadar ternyata ada suatu skill yang mutlak dimiliki oleh seseorang yang sukses baik di dunia finansial maupun di dunia nyata. Dan kabar baiknya, skill ini dimiliki oleh kita semua! Kira-kira apa ya nama skill itu?
Sadarkah bahwa sebagian besar hal yang kita lakukan itu berasal dari rekomendasi atau karena dilakukan oleh teman kita juga? Contoh paling akrab di lingkungan saya adalah bermain game, jika saja teman-teman saya tidak ada yang mengajak bermain Dota, rasanya mustahil saya betah bermain Dota berjam-jam tanpa dibayar dan bisa dibilang tanpa menghasilkan apapun(tidak produktif), bahkan merusak tubuh karena duduk terlalu lama dalam waktu berjam-jam.
Contoh lain adalah kenalan saya yang bermain golf karena ajakan bosnya, sekarang dia menjadi pemain golf yang bisa dibilang hampir maniak, rasanya tidak mungkin ada 1 minggupun terlewat tanpa bermain golf kecuali memang dia sedang sangat sibuk.
Mungkin kalian pernah mengalami hal yang serupa? Ikut menonton film bioskop terbaru, mendengarkan musik terbaru, mencoba tempat makanan yang baru, yang semata-mata hanya karena tidak ingin tertinggal oleh teman kalian yang secara tidak langsung mempunyai skill yang mempengaruhi kalian untuk melakukan apa yang diinginkannya.
Sudah tahu apa nama skill itu sekarang? Ya, nama skill itu adalah skill mengajak orang atau bahasa kerennya Skill Persuasive!!!
Jika dilihat dari kisah-kisah nabi, rasanya tidak ada 1 nabipun yang dalam hidupnya tidak memiliki skill ini, bahkan menurut saya skill inilah yang menjadi inti utama mereka diciptakan ke dunia ini, yaitu mengajak orang-orang untuk menyembah Tuhan yang Maha Esa dan berbuat kebaikan.
Lihat juga Soekarno, Soeharto, dan pemimpin-pemimpin lainnya, bisa saya pastikan tidak ada satupun dari mereka yang tidak menguasai skill ini. Karena sebenarnya inti dari kepemimpinan sendiri itu adalah skill mengajak orang. Semakin banyak orang yang bisa kita ajak maka semakin dianggap pemimpin pulalah kita.
Steve Jobs berhasil mengajak jutaan orang untuk menikmati mewahnya memakai produk Apple, Mark Zuckeberg berhasil mengajak miliaran orang untuk terhubung melalui sesuatu yang ia ciptakan, Warren Buffet berhasil mengajak karyawan-karyawan untuk bekerja lebih optimal di tempat dia berinvestasi, dan masih banyak lagi contoh orang-orang sukses yang tidak terlepas dari skill ini.
Skill mengajak orang ini pulalah yang bisa membawa dunia kepada kebaikan, 1 orang yang menguasai skill dalam mengajak orang untuk bersedekah akan menciptakan peluang tersalurkannya dana sedekah ke tangan yang lebih membutuhkan. Dengan adanya yang mengajak orang-orang untuk senantiasa beribadah walau sesibuk apapun akan menciptakan peluang terciptanya tempat-tempat beribadah di tempat-tempat yang memiliki jalur aktivitas yang padat. Dan dengan adanya orang yang mengajak untuk hidup hemat dan senantiasa berinvestasi maka akan semakin banyak jugalah orang-orang yang bisa pensiun muda ataupun bebas secara finansial ;)
Tapi, skill ini jugalah yang membawa banyak orang kepada kehancuran. Contoh paling nyata di sekitar saya adalah merokok. Rata-rata hampir semua teman saya yang merokok adalah karena ajakan temannya, yang pastinya tidak enak jika ditolak karena akan dikucilkan dari komunitas pertemannya tersebut. Ada pula teman saya yang hancur gara-gara ajakan pacarnya untuk berbuat yang tidak-tidak. Bahkan yang sempat saya alami sendiri adalah malasnya saya belajar akibat ajakan teman-teman saya yang mungkin memiliki niat tersendiri ketika mengajak kami untuk tidak belajar. Dan karena fakta-fakta inilah timbul suatu kesimpulan yang berisi “seseorang bisa dinilai dari dengan siapa dia bergaul”.
Karena itulah mau apapun pekerjaan kita sekarang, mau dimanapun kita berada sekarang, mau sesibuk apapun kita, sempatkanlah waktu sejenak untuk terus mempelajari skill ini, karena hanya orang-orang yang menguasai skill inilah yang bisa benar-benar sukses dalam kehidupannya.

Sekian dari saya, dan selamat mengajak!!!

1 comment: